RAPAT DINAS BIDANG TEKNIS/HAKIM MILITER

 DENGAN PARA HAKIM MILITER

Bertempat di Ruang Kepala Pengadilan telah dilaksanakan rapat bidang teknis yang dipimpin oleh Kadilmil dengan seluruh Hakim Militer membahas strategi dan program kerja penyelesaian perkara tahun 2021. Pembahasan pertama mengenai court calender, Kadilmil menekankan kepada para hakim ketua agar menyiapkan court calender baik yang ada di SIPP maupun yang melekat di berkas perkara, guna memudahkan dalam mengontrol realisasi apakah sesuai dengan target rencana sidang. Selanjutnya untuk susunan majelis hakim akan ada perubahan dikarenakan saat ini Letkol Laut (KH) Slamet Widada, SH, MH sedang menjalankan perintah BP di Pengadilan Militer II-08 Jakarta.

 

Pembahasan dilanjutkan mengenai Berita Acara Persidangan, kepada Hakim Anggota agar membantu Hakim Ketua dalam Pemeriksaan Berita Acara Sidang untuk menjamin kecermatan dalam menyusun Berita Acara Sidang. Hal lain yang ditekankan oleh Kadilmil antara lain :

  • Memedomani Hukum Acara.
  • Dalam persidangan senantiasa menerapkan sikap arif dan bijaksana.
  • Dalam pelaksanaan Sidang Teleconfrence Hakim mengeluarkan Penetapan.
  • Dalam pelaksanaan Sidang Teleconfrence perkara yang tertutup untuk umum petugas IT ada di luar ruang sidang, apabila diperlukan karena terdapat kendala yang bersifat Teknis yang bersangkutan akan dipanggil.
  • Memedomani Hasil Rapat Pleno Kamar sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas bagi pengadilan.
 

Dalam pembahasan kemudian Letkol Chk Asril Siagian, SH, MH memberikan masukan agar saat pemeriksaan korban di bawah umur dapat menggunakan pakaian sipil bebas dan rapi, kemudian Letkol Chk L.M. Hutabarat memberikan masukkan agar dalam pemeriksaan saksi korban perkara asusila pertanyaan yang diajukan tidak boleh merendahkan korban dan tidak menyinggung hal-hal pribadi korban. Selanjutnya Kadilmil juga menyampaikan terkait Perma Nomor 3 tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan yang berhadapan dengan hukum, apabila terdapat Saksi perempuang yang meminta pendampingan melalui Lembaga Pendampingan Saksi Korban (LPSK), maka majelis Hakim perlu untuk mengabulkan permohonan tersebut.

Pada akhir pembahasan Kadilmil menyampaikan bahwa akan melakukan eksaminasi terhadap putusan para Pokkimil dan menghimbau secara rutin untuk saling berbagi pengalaman sesama hakim dalam forum rapat bidang teknis ataupun kesempatan lain yang tidak formal.

“Bersama Kita Bisa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *