KEGIATAN PEMBINAAN MENTAL DAN ROHANI DARI TIM BINTALDAM II/SWJ

Palembang, 19 Oktober 2020

Tim Pembinaan Mental dan Rohani dari Bintaldam II/Swj memberikan pembinaan mental dan rohani di Pengadilan Militer I-04 Palembang, Senin (19/10/2020). Pembinaan mental ideologi dan rohani ini disampaikan oleh Mayor Inf Mualim, S.Pd dan Kapten Inf Indra Yudha dengan tema “Upaya mengatasi sulitnya persoalan berumah tangga dan mewaspadai maraknya penyebaran radikal kiri (komunis)”. Kegiatan pembinaan mental ini sangat penting dan berguna bagi prajurit TNI dan ASN di Pengadilan Militer I-04 Palembang guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Pada kesempatan pertama Kapten Inf Indra Yudha menyampaikan pembinaan mental ideologi perihal pencegahan kebangkitan PKI di Indonesia, yang mana dalam penyampaiannya bahwa kita harus selalu waspada adanya kebangkitan PKI di Indonesia dimana saat ini simbol-simbol PKI sudah banyak bertebaran bahkan ditempat-tempat umum sudah banyak ditampilkan simbol-simbol PKI. Sebagai orang tua kita pun harus menyampaikan kepada anak-anak kita tentang bahaya paham komunis, sehingga paham ini tidak dapat berkembang di bumi Indonesia.

Pembinaan selanjutnya disampaikan oleh Mayor Inf Mualim, S.Pd dengan tema “Upaya mengatasi sulitnya persoalan berumah tangga”. Mayor Inf Mualim, S.Pd menyampaikan tentang pentingnya komunikasi dalam rumah tangga, karena hal tersebut merupakan aspek yang sangat penting dalam membina rumah tangga agar tetap langgeng. Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini terjadi peningkatan kekerasan dalam rumah tangga dan kasus perceraian di lingkungan TNI, belum lagi adanya peningkatan kasus bunuh diri yang dilakukan anggota TNI maupun keluarga. Hal ini banyak disebabkan oleh kurangnya komunikasi dan keterbukaan antara pasangan. Untuk itulah dalam berumah tangga harus saling terbuka dengan pasangan, apabila ada persoalan dapat dikomunikasikan dengan baik baik dan tidak perlu menggunakan kekerasan, apabila terjadi kesulitan ekonomi saat pandemi ini hal yang baik untuk dilakukan yaitu sering-sering bersyukur kepada Allah Swt karena masih banyak saudara-saudara kita yang kehidupannya tidak lebih baik dari kita.

Dalam kesimpulannya Mayor Inf Mualim, S. Pd. Menyampaikan pentingnya kewaspadaan terhadap kebangkitan paham komunis di Indonesia, dan kepada anggota yang sudah berumah tangga agar menjaga keluarganya dari paham-paham komunis serta menjaga dan melindungi keluarga dari bahaya laten ini. Dalam kehidupan berumah tangga harus saling terbuka dan percaya kepada pasangan, jauhilah sifat-sifat kekerasan dalam rumah tangga dan banyak bersyukur atas semua nikmat yang telah Allah berikan kepada kita sehingga kita dapat menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah dan barokah, amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *