KEGIATAN UPACARA PERINGATAN HUT KE-75 TNI SECARA VIRTUAL DI PENGADILAN MILITER I-04 PALEMBANG

Senin, 5 Oktober 2020.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada hari ini, Senin 5 Oktober 2020 merayakan hari ulang tahun yang ke-75. TNI yang lahir pada 5 Oktober 1945 ini awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tanggal tersebut, BKR berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat lalu diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Setelah itu, Presiden Soekarno pada 3 Juni 1947 mengesahkan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi. Pengesahan itu dilakukan untuk mempersatukan TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, HUT TNI tahun ini diselenggarakan secara virtual di kediaman istana kepresidenan. Hal ini dilakukan karena adanya wabah Covid-19. Tak terkecuali Pengadilan Militer I-04 Palembang sebagai salah satu lembaga Peradilan Militer mengikuti kegiatan upacara peringatan HUT ke-75 TNI secara virtual yang diadakan di Ruang Sidang Garuda dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan tema “Sinergi Untuk Negeri” dalam peringatan HUT TNI ke-75 ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar dan institusi TNI. Kepada para prajurit yang sedang bertugas di manapun, juga kepada para purnawirawan yang telah mewariskan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah. Sebagai Panglima Tertinggi  Tentara Nasional Indonesia, Presiden menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI.

Dalam akhir sambutannya Presiden Joko Widodo berpesan kepada seluruh prajurit TNI agar terus tingkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiap-siagaan TNI untuk menerima penugasan. Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Menjaga terus kemanunggalan TNI dengan rakyat. Menjadikan sinergi sebagai kekuatan membangun Negeri, membawa Indonesia menjadi negara maju.

Semoga TNI yang di usianya yang ke-75 semakin kuat dan semakin maju, selalu menjadi panutan rakyat Indonesia dan tetap menjadi garda terdepan bagi pertahanan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *