Get Adobe Flash player

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

POKOK - POKOK ORGANISASI DAN PROSEDUR DALAM PEMBAGIAN TUGAS PERSONIL DAN TANGGUNG JAWAB DI PERADILAN MILITER I-04 PALEMBANG

KETENTUAN DASAR


          Berdasarkan Keppres Nomor : 56 tahun 2004 pengalihan organisasi, administrasi dan finansial pengadilan dalam lingkungan peradilan militer dialihkan dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia ke Mahkamah Agung RI, pasal 2 ayat 1 menyebutkan bahwa organisasi, administrasi dan finansial pengadilan dalam lingkungan peradilan militer dialihkan dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia ke Mahkamah Agung RI terhitung sejak tanggal 30 Juni 2004. Sedangkan pasal 10, Keppres No. 56 Tahun 2004 menyebutkan bahwa pada saat   berlakunya   Keputusan Presiden ini, semua peraturan pelaksanaan mengenai organisasi, administrasi dan finansial Pengadilan dalam lingkungan Peradilan Militer yang tidak bertentangan dengan keputusan presiden ini dinyatakan masih tetap berlaku, sampai dengan diubah dan/atau diadakan peraturan yang baru berdasarkan keputusan presiden ini.
          Mendasari ketentuan tersebut diatas maka Pengadilan Militer I-04 Palembang dalam menjalankan tugas dan kewenangannya sebelum terbitnya struktur organisasi dan prosedur baru sebagai realisasi dari perubahan sebagaimana tercantum dalam Keppres No. 56 tahun 2004, maka Pengadilan Militer I-04 Palembang masih menggunakan acuan Organisasi dan Prosedur berdasarkan Kep Pangab No. Kep/01/1984, akan tetapi dengan tuntutan, beban tugas dan fungsi peradilan satu atap dalam reformasi peradilan, Pengadilan Militer I-04 Palembang mengadopsi / menyelaraskan ketentuan Kep. Pangab No. Kep/01/1984 dengan Organisasi Pengadilan Tinggi di jajaran Mahkamah Agung RI.

I. UNSUR PIMPINAN
A. KADILMIL (Kepala Pengadilan Militer) dijabat oleh :  Letkol CHK Surono, SH, MH Nrp. 539833

Tugas dan tangggung jawab :
1.    Memberikan pendapat dan saran kepada Dirjen Badilmiltun dan Kadilmiltama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang tugas.
2.    Menentukan kebijakan dan mengendalikan fungsi Dilmil.
3.    Mengkoordinasikan, mengawasi dan memberikan pengarahan atas penyelenggaraan fungsi Dilmil.
4.    Bertindak sebagai Hakim Militer.
5.    Melaksanakan tugas khusus yang diberikan oleh Dirjen Badilmiltun dan Kadilmiltama.
6.     Menyampaikan laporan bulanan, triwulan dan tahunan serta kegiatan kepada Dirjen Badilmiltun dan Kadilmiltama.

B.    WAKADILMIL (Wakil Kepala Pengadilan Militer) dijabat oleh : -

Tugas dan tangggung jawab :
1.   Koordinator Staf Struktural / Fungsional dan mengawasi semua pekerjaan serta kegiatan Staf dan Administrasi Dilmil.
2.   Memberikan pertimbangan dan saran kepada Kadil mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang tugasnya
3.   Memelihara dan mengawasi pelaksanaan prosedur kerja.
4.   Bertindak sebagai Hakim Anggota/Ketua Majelis sidang.
5.   Mewakili Kadil apabila Kadil berhalangan melaksanakan tugasnya.
6.   Sebagai Koordinator Hakim Pengawas Bidang.

II. UNSUR PELAKSANA

C.  POKKIMMIL dijabat oleh :

1.   Letkol Chk Khairul Rizal, SH, M.hum Nrp. 193002390165.
2.   Letkol Chk Syaiful Ma'arif, SH Nrp. 547972.
3.   Mayor Chk Agus Husin, SH Nrp. 636265.
4.   Mayor Chk Adeng, S.Ag, SH Nrp. 11980005390269.
5.   Mayor Sus Jonarku, SH,. MH.
6.   Mayor Chk Abdul Halim, SH. Nrp. 11020014330876.

Tugas dan tanggung jawab:
1.   Bertindak selaku Hakim Anggota/Ketua Majelis persidangan.
2.  Meneliti Berkas Perkara meliputi :
      - Membaca dan mempelajari Berkas Perkara (Kelengkapan Formil dan Materiil).
      - Mengajukan saran/pendapat kepada Kadilmil.
3.  Melaksanakan minutasi meliputi :
     - Mengoreksi konsep BAS dari Panitera.
     - Membuat dan mengoreksi konsep Putusan untuk diajukan kepada Tualis (Ketua Majelis).
4.   Pengawasan meliputi :
      -  Membantu Kadil melaksanakan pengawasan administrasi bidang perkara dan sidang, bidang keuangan dan pelayanan umum dan publik.
     -  Melaporkan/mengajukan pendapat/saran kepada Kadil tentang tata laksana / tertib administrasi bidang perkara dan sidang, bidang keuangan dan pelayanan umum dan publik.

III. UNSUR PEMBANTU PIMPINAN
A. PANITERA dijabat oleh: Kapten Sus Ziky Suryadi, SH,. MH Nrp. 533176

Tugas dan tanggung jawab:
1.   Memonitor Pelaksanaan Administrisi Kepaniteraan Administrasi Umum.
2.   Mensosialisasikan Keputusam Pimpinan yang menjadi kebijakan  Organisasi kepada seluruh Pelaksana/ Pegawai.
3.   Menghimpun Permasalahan dan menganalisa serta memberikan kesimpulan terhadap hal-hal yang dapat memberikan dampak keberhasilan.
4.   Merumuskan Rencana Penggunaan Uang Sesuai dengan mata anggaran dan Kebutuhan kantor.
5.   Memberikan petunjuk dan arahan kepada Pegawai dan mengimplementasikan Kebijakan.
6.   Menanda tangani Surat-surat dan laporan yang menjadi kewenangannya.
7.   Memantau Permintaan Pencairan Dana.
8.   Sebagai Panitera.
PANITERA dibantu oleh staf:

1.   PNS Sulistyo

Tugas dan tanggung jawab:
a.   Mengisi Identitas/Nyampul berkas perkara.
b.   Mencatat perkara masuk/putus ke dalam buku register perkara kejahatan/pelanggaran.
c.   Mencatat pelaksaan eksekusi (melakukan koordinasi dengan otmil).
d.   Mengisi buku Tamkim dan Tapsid.
e.   Mengarsipkan surat-surat sesuai disposisi.
f.    Melaksanakan pengarsipan berkas perkara yang telah putus atau yang uapaya hukum.

2.   PNS Febriansyah

Tugas dan tanggung jawab:

a.  Membuat Laporan Upaya hukum (Banding/Kasasi/PK/Grasi).
b.   Membuat Laporan enam bulan dan Tahunan perkara putus (Kejahatan dan Pelanggaran).
c.  Mencatat dan Membuat Laporan Barang Inventaris.
d.   Pengelola website.
e.   Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.
f.   Melaksanakan piket.

PANITERA membawahi Panmud Pidana, Panmud Hukum

B. Panmud Pidana (Panitera Muda Pidana) dijabat oleh :Lettu Sus Hendra Arihta, SH

Tugas dan tanggung jawab:
1.   Mengawasi Urusan Perkara dan persidangan.
2.   Membuat Konsep BAS dan Putusan untuk diajukan ke Majelis untuk dikoreksi.
3.   Melaporkan kegiatan kepada Hakim Ketua.
4.   Sebagai Panitera.

C. PANMUD HUKUM (Panitera Muda Hukum) dijabat oleh: -

Tugas dan tanggung jawab:
a.   Mempersiapkan/menyusun Petikan Putusan/Akte BHT
b.   Mengirimkan Petikan Putusan kepada Papera, Ankum, Penyidik dan Terdakwa melalui Otmil.
c.   Menerima Putusan dan BAS dari para pengetik yang telah jadi untuk selanjutnya dikirimkan kepada Papera/Ankum/ Otmil/Penyidik.
d.   Membuat surat pengantar dan mengirimkan Berkas Permohonan Upaya Hukum :
      -  Banding.
      -  Kasasi.
-  PK.
      -  Grasi.
e.   Menjilid Petikan Putusan, Putusan, Salinan Putusan serta BAS dan Mengirim  Bundel Salinan Petikan Putusan ke Kadilmilti/ Kadilmiltama setiap Triwulan dan Bundel Salinan Putusan ke Kadilmiltama.
f.    Membuat konsep Petikan Putusan, membuat Akte BHT, membuat konsep Putusan dan BAS, Tapkim dan Tapsid.

D. KAURMINKU (Kepala Urusan Administrasi Keuangan) yang dijabat oleh: PNS Agustina Yanti

Tugas dan tanggung jawab:
a.  Mengawasi tugas-tugas administrasi keuangan.
b.  Mengelola Administrasi Surat Masuk/Keluar Keuangan.
c.  Menyiapkan Administrasi Belanja Modal.
d.  Membuat Laporan Realisasi Anggaran.
e.  Mengetik Register Transaksi Harian SPM, SPPD, KPPN,
f.    Mengetik Laporan SAKPA.
g.   Mengetik Administrasi Lembur Pegawai.
h.  Membuat administrasi GU dan GUP.
i.    Mengetik Surat Setoran Pajak (SSP).
j.   Mengecek kelengkapan berkas administrasi pengajuan dana.
k.   Membuat/Mengetik Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTB).
l.    Membuat dan Merancang RAB, TOR dan Pendukung.
m.  Membuat dan Merancang RKAKL.
n.  Mengetik Register Penutup Kas.
o.   Membuat Laporan Keuangan.
p.   Membuat Daftar Rencana Kegiatan.
q. Memeriksa keterangan pagu anggaran dalam DIPA agar pengeluaran tidak melampaui batas pagu anggaran.
r.    Membuat Rekap Pengeluaran Anggaran.

KAURMINKU dibantu oleh Staff:

1.   PNS Sorna Nauli Nasution, A. Md

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Membuat buku Bantu per MAK.
b.  Membuat Laporan Buku BANK.
c.   Membuat Laporan Buku Pajak.
d.   Membuat Buku Pengawasan Kredit per MAK.
f.    Membuat Laporan Keuangan.
g.   Membuat Berita Acara Rekonsiliasi.
h.   Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

2.   PNS Medi Darmawansyah, SH

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Membuat Daftar Gaji PNS.
b.   Membuat Daftar Tunjangan TNI.
c.   Membuat Pengajuan Daftar Kenaikan Pangkat/Berkala TNI/PNS.
d.   Membuat Daftar Pengajuan Uang Makan PNS.
e.   Membuat Daftar Lembur TNI/PNS.
f.    Membuat SPM.
g.   Membuat SKPP.
h.   Mengisi kartu belanja pegawai Pusat.
i.    Membuat Seluruh Rapelan Baik berupa kekurangan, gaji ataupun gaji susulan pegawai.
j.    Mengantar seluruh pengajuan dana dan pengambilan SPPD ke KPPN.
k.   Membuat dan merancang rician anggaran biaya (RAB), Term Of Reference (TOR) dan data pendukung.
l.    Membuat dan merancang rencana kerja anggaran kemeterian lembaga (RKAKL).
m.  Memegang serta menjalankan aplikasi SPM, GPP Gaji, RKAKL, Belanja Pegawai, SAKPA dan Aplikasi Laporan Triwulan Bappenas.
n.  Menyampaikan laporan Neraca, laporan realisasi anggaran (LRA) belanja ke KPPN dan Pengadilan Tinggi Palembang.
o.   Melaksanakan rekonsiliasi belanja dengan KPPN.
p.   Membuat laporan SAKPA per semester, tahunan, dan mengirimkan ke Korwil dan MARI.
q.   Membuat Laporan Calk per semester dan tahunan serta mengirimkan ke Korwil dan MARI.
r.    Membuat LRA di website per bulan.
s.   Membuat Daftar DIPA di website.

3.   PNS Muhammad Nasir, SH

Tugas dan tanggung jawab:

a.   . Membuat perencanaan anggaran.
b.   . Melakukan servei dan membuat harga perkiraan sendiri dalam pengadaan barang dan jasa.
c.   . Membuat dan menanda tangani kontrak-kontrak pengadaan barang dan jasa.
d.   . Melakukan pengawasan pembangunan gedung kantor.
e.   . Mengelola aplikasi dan Laporan Siman BMN. 

f.   . Memeriksa pengajuan dana ke KPPN.

g.   . Mengantar dan mengambil pengajuan SPM dan SPPD ke KPPN.

h.   . Melakukan Rekonsiliasi laporan keuangan ke KPPN.

4.   Sertu (K) Rosita, SH

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Mencatat penerimaan dan pengeluaran harian.
b.   Mempertanggung jawabkan semua pengeluaran.
c.   Menyimpan, menyusun kwitansi data pendukung lainnya.
d.   Membuat Laporan Buku Kas Umum.
e.   Membuat buku Pengawasan Kredit per MAK.
f.    Membuat Laporan SIMAK/BMN
g.   Membuat Laporan Keuangan Website.
h.   Melaporkan keadaan keuangan kepada KPA.
i.    Mengantar Seluruh Pengajuan Dana dan Pengambilan SPPD ke KPPN.
j.    Membuat dan Mendata Barang Inventaris dalam Aplikasi SIMAK BMN.
k.   Membuat Laporan Semester Barang, Laporan Mutasi Barang dan Kartu Inventaris Barang Serta Daftar Inventaris Ruangan (DIR).
l.    Membuat Laporan Tahunan Barang (LT), Laporan Mutasi Barang dan Kartu Inventaris Barang serta Daftar Inventaris Ruangan (DIR).
m.  Megelola dan memasukkan data ke SIMAK BMN.

E. KAURDOKPUSTAK (Kepala Urusan Dokumentasi dan Perpustakaan) dijabat oleh: PNS Ribut Syamsuddin

Tugas dan tanggung jawab:
a.   Mencatat dalam buku induk semua buku, brosur, majalah, kliping dll yang ada hubungannya dengan tugas-tugas dalam lingkup peraturan perundang-undangan sebagai referensi penyelesaian perkara yang bersifat umum dan khusus.
b.   Menyimpan semua buku, brosur, majalah, kliping, dll dalam lemari khusus, diberi nomor urut sesuai catatan dalam buku induk.
c.   Mencatat perubahan-perubahan seperti meminjaman buku, pengembalian buku, menambahan buku daripembelian kantor maupun dari pembelian pribadi.
e.   Mengelola dan merawat buku-buku perpustakaan dan berkas perkara.
f.   Membuat dokumentasi dalam persidangan, acara-acara resmi maupun tidak resmi.
g.   Pemasangan dan merawat foto-foto mantan Kadilmil I-04 Palembang.
h.   Menata buku-buku dan berkas- berkas dalam ruang perpustakaan.
i.    Membuat Daftar Rencana Sidang dan mendistribusikan ke Otmil dan Kataud/Katera/Pokkimmil/Waka/Ka. 

IV. UNSUR PELAYANAN

A. KATAUD (Kepala Tata Usaha Urusan Dalam) yang dijabat sementara oleh: Lettu Sus Kholip, SH

Tugas dan tanggung jawab:
1.   Kegiatan tata usaha.
2.   Kegiatan urusan dalam.
3.   Sebagai Panitera.
KATAUD dibantu staf :

1.   Serka Tobri Antoni, SH

Tugas dan tanggung jawab:
a.   Pengamanan Surat-surat dan berkas perkara serta Dokumen Pengadilan.
b.   Penerimaan saran masuk pada kotak saran.
c.   Penempelan pengumuman pada papan pengumuman.
d.   Membuat dan mengatur daftar piket setiap bulan.
c.   Mengecek kehadiran Terdakwa dan para Saksi.
d.   Pengawalan Sidang/Provost.
e.   Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

2.   PNS Yusyanto

Tugas dan tanggung jawab:

a.  Membuat amplop.
b.   Mengantarkan Surat ke :
      1)  TIKI
      2)   Kesatuan untuk surat dalam kota
      3)   Kantor Pos untuk surat luar kota
c.   Mengurus BBM yang didapat dari bantuan Dan Bekangdam II/Swj.
d.   Membuat laporan pertanggungjawaban BBM.
e    Merawat kendaraan motor dinas.

3.   PNS Devi Wahyuni A. Md

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Pengarsipan Surat Masuk dan Keluar berdasarkan klasifikasi dan jenisnya antara lain :  
      -  Surat biasa, Surat Konfidensil,Rahasia.
      -  Surat Perintah.
      -  Surat dari Mahkamah Agung
      -  Surat dari Dilmiltama
      -  Surat dari Dilmilti
      -  Surat Ijin Jalan.
      -  Surat Keputusan  
      -  Surat Telegram
      -  Surat Umum
b.  Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

c.  Pengelola Website.

4.   -

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Mengajukan Surat ke KA/Waka untuk didisposisi.
b.   Mendistribusikan Surat Masuk ke bagian-bagian yang dituju.
c.   Pengetikan surat sesuai klasifikasi dan jenisnya antara lain:
      -  Surat Perintah.
      -  Surat Pengantar.
      -  Surat Ijin Jalan.
      -  Surat Keputusan.
      -  Surat Umum.
      -  Surat Ijin Cuti.
d.   Merawat dan membersihkan Rumdis.
e.   Membantu kelancaran kegiatan Kepala baik dalam kantor maupun di luar kantor berkenaan dengan tugas/kegiatan kantor.
f.    Melaksanakan tugas yang ditunjuk oleh atasan
g.  Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

KATAUD membawahi Kaurtu, Kaurdal

B.   KAURTU (Kepala Urusan Tata Usaha) yang dijabat oleh: PNS M. Maniar

Tugas dan tanggung jawab:

Mengatur dan mengawasi penyelenggaraan surat menyurat meliputi :
a.   Mengawasi Pengagendaan Surat Masuk sesuai dengan Klasifikasi, jenis Surat yang berasal dari :
      - Mahkamah Agung.
      - Dilmiltama.
      - Dilmilti-I Medan.
      - Jajaran Kodam II/Swj.
      - Otmil.
      - Satuan Lain.
b.   Mengawasi Penomoran Surat Keluar sesuai dengan Klasifikasi yang akan dikirim kepada :
      - Mahkamah Agung.
      - Dilmiltama.
      - Dilmilti-I Medan.
      - Jajaran Kodam II/Swj.
      - Otmil.
      - Satuan Lain.
c.   Mengonsep Surat antara lain: 
      - Skep.
      - Sprin.
d.  Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

C.  KAURDAL (Kepala Urusan Dalam) yang dijabat oleh: PNS A. Hamid

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Mengawasi tugas-tugas  urusan dalam dan persidangan.
b.  Mengawasi dan mengatur daftar piket setiap bulan.
c.   Mengajukan/mengelola ransum piket/Laporan D/F.

KAURDAL dibantu staf :

1.   Praka Daroni

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Mengecek kehadiran Terdakwa dan para Saksi.
b.   Pengawalan Sidang/Provost.
c.   Menyiapkan juru sumpah.
d.   Melaksanakan piket
e.   Mengurus abesen anggota

2.   Honorer Febriadi

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Merawat / membersihkan ruang sidang.
b.   Menata peralatan sidang (meja, kursi, ruang sidang dll)
c.   Membundel surat masuk/keluar pada akhir tahun.
d.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
e.   Pelayanan Umum.
f.    Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

3.   Honorer Joko

Tugas dan tanggung jawab:

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Melaksanakan piket.

4.   Honorer Joni Per, SH

Tugas dan tanggung jawab:

a.  Perawatan Randis KA dan Randis SPM anggota.
b.   Memanasi mesin, cek bensin/Oli/Radiator/ban Randis.
c.   Service rutin Randis, ganti oli, dan service lain-lain.
d.   Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

5.   Honorer Sugeng Riadi, SE

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

6.   Honorer Zainul Arifin, S.Kom

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

7.   Honorer Angga Wijaya, SH

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Tim kerja dalam pengelolaan Website.
d.   Memperbaiki Komputer yang rusak.

8.   Honorer Andri Febriansyah.

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Melaksanakan piket.

9.   Honorer Desly Farghani, SH.

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Tim kerja dalam pengelolaan Website.
d.   Memperbaiki Komputer yang rusak.
e.   Melaksanakan piket.

10. Iwan Kurniawan

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Melaksanakan piket.

11. Enno Vialita

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Terlibat dalam pengetikan perkara/minutasi :
      -  Petikan Putusan.
      -  Berita Acara Sidang.

12. Muhammad Roby

Tugas dan tanggung jawab:

a.   Menjaga/memelihara kebersihan kantor/ruang kerja.
b.   Pelayanan Umum.
c.   Melaksanakan piket.

Copyright @ Pengadilan Militer I-04 Palembang Admin TI dan Pelaporan