Get Adobe Flash player

GARIS BESAR PROSEDUR BERPERKARA

PADA PENGADILAN MILITER I-04 PALEMBANG 

1. Berkas Perkara dari Penyidik Polisi Militer setelah dilimpahkan kepada Oditurat Militer kemudian dipelajari oleh Oditur lalu menerbitkan Berita Acara Pendapat (Papat Ormil) dan atas dasar Bapat tersebut lalu Kepala Oditurat Milter (Kaotmil) menerbitkan Surat Pendapat Hukum dan melampirkannya serta memohon kepada Perwira Penyerah Perkara (Papera) untuk menerbitkan Surat Keputusan Penyerahan Perkara (Skeppera).

2. Setelah Skeppera terbit yang isinya memerintahkan Pengadilan Militer I-04 untuk memeriksa dan mengadili perkara yang bersangkutan, lalu Oditur membuat Surat Dakwaan, selanjutnya berkas perkara beserta Surat Dakwaan dilimpahkan kepada Pengadilan Militer  I-04 Palembang.

3. Setelah menerima berkas perkara dari Kaotmil, selanjutnya Kepala Pengadilan Militer (Kadilmil) memerintahkan Kepala Panitera (Katera) meregister perkara yang bersangkutan, selanjutnya Kadilmil mempelajari berkas perkara apakah perkara tersebut merupakan kewenangan Dilmil I-04 atau tidak, dan apabila bukan kewenangan Dilmil I-04 maka Kadilmil menerbitkan Penetapan untuk melimpahkan perkara tersebut kepada Pengadilan yang berwenang melalui Otmil.

4. Apabila perkara tersebut menjadi kewenangan Dilmil I-04, maka Kadilmil segera menetapkan Majelis Hakim yang memeriksa perkara tersebut.

5. Setelah Majelis yang ditunjuk mempelajari berkas perkara lalu Hakim Ketua yang ditunjuk menetapkan hari sidang maupun melakukan penahanan atau , membebaskan Terdakwa dari tahanan (bila perlu) sebelum atau untuk kepentingan pemeriksaan.

6. Pada waktu dan tempat yang ditentukan Majelis Hakim mulai memeriksa perkara yang diawali dengan pembacaan surat dakwaan, proses eksepsi, perlawanan dan putusan sela (bila ada), dilanjutkan pemeriksaan saksi-saksi, pemeriksaan Terdakwa dan barang bukti. Tuntutan (requisitoir), Pembelaan/permohonan, Replik, Duplik, dan pembacaan putusan.

 

7. Apabila ada upaya hukum segera diproses oleh kepaniteraan sedangkan putusan yang berkekuatan hukum tetap dilaksanakan/dieksekusi oleh Oditur Militer.

 

Copyright @ Pengadilan Militer I-04 Palembang Admin TI dan Pelaporan